STIKES YARSI BUKITTINGGI

Tenaga Pendidik

Tenaga kependidikan di perguruan tinggi terdiri atas dosen dan tenaga penunjang akademik. Dosen mempunyai tugas melakukan penelitian dan melakukan pengabdian pada masyarakat. Dosen dapat berupa dosen biasa yaitu dosen yang diangkat dan ditetapkan sebagai tenaga tetap pada perguruan tinggi yang bersangkutan, dapat berupa dosen luar biasa yaitu dosen yang bukan tenaga tetap pada perguruan tinggi yang bersangkutan dan dapat berupa dosen tamu yaitu seorang yang diundang dan diangkat untuk menjadi dosen pada perguruan tinggi selama jangka waktu tertentu.

Dosen sebagai pengajar mempunyai arti yang luas yaitu tidak saja memberikan kuliah tetapi melakukan bimbingan dalam praktikum, praktek kerja lapangan, penelitian, penulisan skripsi serta sebagai penasehat akademik dimana beban dari tugas dosen minimal 12 sks per semester (sesuai dengan petunjuk Dirjen Dikti Nomor 48 / Dj / Kep / 1983).

Dosen sebagai penasehat akademik, dimana diangkat dan diperhentikan oleh dekan mempunayi tugas yang sangat penting dalam rangka keberhasilan studi mahasiswa. Penasehat akademik akan memberikan bimbingan khusus kepada mahasiswa dalam menentukan rencana studi mahasiswa per semester dalam penentuan jumlah sks yang harus diambil per semester, jenis kuliah penunjang, cara mengatasi kalau ada benturan dalam penyelesaian studi dan mengevaluasi prestasi belajar. Dalam pelaksanaan ini ada waktu konsultasi , diskusi, dan pelaporan dari mahasiswa tentang kemajuan belajar, minimal tiga kali dalam satu semester.

Tenaga penunjang akademik terdiri atas peneliti, pengembang di bidang pendidikan, pustakawan, laporan dan teknisi sumber belajar, dimana pengelolaannya terdapat pada tingkat universitas, fakultas, dan perguruan tinggi untuk kesemuanya dapat dimanfaatkan oleh mashasiswa.